Oleh : Fajar Shafitri
Digital Marketing atau Pemasaran secara
digital bisa didefinisikan sebagai semua upaya pemasaran menggunakan perangkat
elektronik/internet dengan beragam taktik marketing dan media digital atau
juga bisa disebut dengan suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media
digital atau internet.
Dengan menggunakan
perkembangan dunia digital tersebut guna melakukan periklanan yang tidak
digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat
berpengaruh. Tujuan digital
marketing sendiri adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen
secara cepat, dan mengakibatkan perusahaan saling berkompetisi membuat konten
yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.
Pada tahun 2019,
tepatnya saat bulan Januari, diketahui sebanyak 150 juta dari total keselurahan
kurang lebih 268,7 juta penduduk Indonesia telah menjadi pengguna internet yang
aktif. Kemudian pada tahun 2020, dengan peningkatan 1,1% penduduk, pengguna
internet juga meningkat sebanyak 17% dari tahun sebelumnya. Ini menandakan
bahwa penggunaan internet sangat meningkat pesat dibandingkan peningkatan
jumlah penduduk itu sendiri. Masyarakat menggunakan social medianya dalam
sehari pun di perkirakan selama 8 jam 36 menit. Maka dari itu pemanfaatan
penggunaan internet ini untuk dijadikan sebagai ‘batu loncatan’ atau alat bantu
dalam mengembangkan bisnis melalui digital
marketing dinilai sangat efektif, efisien dan menguntungkan.
Mengapa sistem atau
cara pemasaran menggunakan digital
marketing dinilai menguntungkan? Bagaimana tidak, dengan digital marketing
ini para pengusaha atau pelaku wirausaha digital sangat banyak mendapatkan
manfaat dan sangat pula diuntungkan dengan cara pemasaran produk yang dijual.
Jika dulu pemasaran produk dilakukan dengan menggunakan brosur – brosur atau
memasang iklan di surat kabar atau dalam bentuk lainnya, maka dengan
menggunakan cara digital marketing ini
akan lebih memudahkan dan menghemat waktu karena bisa dilakukan di sosial media
yang umunya banyak dikunjungi oleh manusia terutama kalangan minelian saat ini.
Bahkan dengan digital marketing ini,
iklan yang ditujukkan kepada pengguna sosial media juga dapat dilihat tanpa
batas dan waktu yang ditentukan serta tanpa takut merasa kehilangan informasi
dari produk yg di iklan kan.
Berikut beberapa
manfaat dari digital marketing :
1. Menghubungkan pemilik usaha (Seller) pada Pembeli (customer)
mellaui sosial media / internet.
Saat ini konsumen sudah tidak lagi mencari
informasi mengenai suatu produk barang atau jasa melalui halaman iklan baris.
Saat ini, setidaknya 80% konsumen menggunakan internet untuk memperoleh
informasi mengenai produk barang atau jasa dengan lebih mudah dan nyaman.
2.
Menghasilkan
penjualan yang tinggi.
Pemasaran
digital ‘membuka’ jalan upaya pemasaran yang akan membuahkan hasil yang
menguntungkan.
3.
Membuat pengusaha / seller lebih hemat.
Pemasaran
digital kemudian bisa membantu pemilik usaha, tidak hanya menghasilkan generasi
dan konsumen baru, namun juga membantu menghemat pengeluaran pengusaha.
4.
Mengaktifkan Layanan
pelanggan Real – time
Keuntungan
dari chanel pelayanan yang disediakan oleh pemasaran digital diantaranya adalah
menghasilkan pendapatan yang lebih besar, mempertahankan pelanggan dan
memberikan kepuasan layanan terhadap konsumen.
5.
Menjangkau pengguna Mobile Smarthphone.
Menurut
eMarketer, teknologi mobile juga mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Data
menunjukkan bahwa 91% orang dewasa di Amerika Serikat selalu menggunakan
perangkat mobile mereka setiap saat.
6.
Membantu mendapatkan
penghasilan tinggi.
Strategi
pemasaran digital dikonfirmasi bisa mengasilkan peningkatan keuntungan 2,8 kali
lebih besar bagi sebuah usaha dibandingkan dengan pemasaran tradisional.
7.
ROI Menjadi lebih
tinggi.
Dalam
laporan HubSpot, terkonfiramsi bahwa pemasaran digital dapat membantu pelaku
usaha untuk menghasilkan Cost-Per-Lead
(CPL) yang lebih baik dibandingkan dengan pemasaran tradisional atau bahkan
telemarketing.
8.
Menjaga posisi pelaku
usaha terhadap pesaing.
Banyak
merek dan usaha saat ini saling bersaing dengan campaign digital
marketing mereka. Para pengusaha menggunakan bermacam-macam
chanel termasuk display, PPC, dan penggunaan media sosial.
9.
Membantu pelaku usaha
bersaing dengan perusahaan besar.
Digital marketing juga memungkinkan para
pelaku usaha untuk bersaing head to head
dengan merek dan perusahaan besar.
10.
Mempersiapakan pelaku
usaha untuk era internet of things.
Gartner
melaporkan bahwa pada tahun 2020 diperkirakan adanya 26 miliar gadget,
smartphone, tablet, jam tangan, kacamata, sepatu dan peralatan lainnya yang
akan saling terhubung dalam ekosistem online secara global yang akan membentuk
era Internet of Things.
Dengan adanya manfaat - manfaat tersebut, menandakan bahwa digital marketing sangat berguna,
efektif serta efisien dalam mengembangkan suatu usaha terutama dalam wirausaha
digiital sendiri.
Dalam mengiklankan suatu produk, perlu
direncankan suatu startegi marketing terlebih dahulu. Strategi marketing itu
sendiri di sebut dengan SOSTAC terdiri dari :
·
Situation analysis : Where are we now? (Posisi)
·
Objective : Where do want to be? (Tujuan)
·
Strategy : How do we get there? (Cara/step)
·
Tactics : How exactly do we get there? (Cara lebih
detail)
·
Actions : The details of tactics. (Aksi,
pengerjaan)
·
Control : How do we monitor performance? (Pengarahan,
evaluasi)
·
Repeat.
Strategi ini harus di lakukan dengan baik dan
tepat karena akan terus berulang dalam menjalankan marketing usaha yang ada.
Pelaku usaha di tuntut untuk lebih kreatif dan inovatif demi meningkatkan (skill up) usaha nya agar mampu bersaing
dengan kompetitor lainnya.
Para pelaku usaha bisa memanfaatkan platform
yang tersedia di zaman sekarang untuk melakukan digital marketing. Platform – platform atau media yang dipakai pun banyak
jenisnya, seperti :
Ø Youtube (88%)
Ø Whatsapp (83%)
Ø Facebook (81%)
Ø Instagram (80%)
Ø Line (59%)
Ø Twitter (52%)
Ø Pinterest (28%)
Ø Path (25%)
Ø Tumblr (28%)
Ø Reddit (16%)
Ø Dll.
Dari platform - paltform di atas menandakan bahwa, setiap
satu pengguna internet atau setiap seseorang, menggunakan lebih dari satu
sosial media dalam gadgetnya. Hal ini
semakin memperjelas manfaat dan keuntungan dari digital marketing. Karena semakin banyak produk yang diiklankan di berbagai
macam media sosial, maka semakin banyak pula orang yang melihatnya dan tertarik
untuk membeli produk tersebut. Cara ini juga bisa membantu para pembeli (customer) untuk memudahkan mereka untuk
menggali dan mendapatkan informasi terkait barang yang ingin di beli.
Dalam sebuah film berjudul “The Social Dilemma” dijelaskan
bagaimana seseorang sangat ketergantungan terhadap social media yang ada di
dalam gadgetnya. Dari film ini, kita bisa memahami bahwa ketergantungan
seseorang terhadap sosial media sangat berpengaruh. Bahkan konten atau sesuatu
yang sebelumnya tidak membuat tertarik pengguna itu sendiri, bisa di patahkan
secara perlahan karena banyaknya pengguna sosial media lain yang menyebarkan
secara luas informasi yang ada. Maka dari itu digital marketing ini bisa dikatakan sebagai ‘alat pancing’ untuk
mereka yang yang disebut sebagai pengguna (maniak) internet. Namun, kembali
kapada diri kita masing – masing agar lebih bijak dalam menggunakan sosial
media dengan baik dan benar, serta tidak mudah terpengaruh akan informasi yang
beredar, baik dalam bentuk iklan atau konten lainnya. Para pelaku usaha yang
menggunakan digital marketing pun
harus menjalankan sistemnnya dengan baik, dengan memberikan iklan yang menarik
namun tetap real atau tidak bohong
dalam memberikan informasi produk dan lainnya.
infonyaa bermanfaat sekali
BalasHapusKeren!!!
BalasHapusArtikelnya menarik dan bermanfaat banget!
BalasHapusTerimakasih banyak info nya, luar biasa lengkap
BalasHapusArtikel sangat bermanfaat, dan sangat mudah dipahami
BalasHapusSangat bermanfaat!
BalasHapusSangat bermanfaat dan mudah dipahami. Thanks!!
BalasHapusDari sekian banyaknya keuntungan atau kemudahan yang didapatkan dari digital marketing, menurut anda apakah ada kekurangan-kekurangan dari digital marketing tersebut ? Bagaimana cara menanggulanginya ?
BalasHapus👍👍👍
BalasHapusSingkat dan jelas 👍
BalasHapuskerennn! sangat bermanfaat
BalasHapusBagus banget artikel nya informasi berguna buat di era digital kayak sekarang👍
BalasHapusKeren artikelnya!
BalasHapus